Konsultan Marketing Surabaya | 12 Cara Menaikkan Omset Apotek yang Aplikatif

  • Berat: 0,00 Kg
  • Availability: In Stock

12 Cara Menaikkan Omset Apotek yang Aplikatif

Apotek adalah salah satu bisnis yang memiliki risiko kecil. Sebab apotek selalu dicari oleh pelanggan. Kebutuhan obat sangat penting bagi kesehatan pelanggan. Walau begitu bukan berarti tidak perlu strategi khusus dalam mengembangkan usaha apotek.

Nah berikut kami ulas 12 cara menaikkan omset apotek untuk anda yang bergerak di bidang usaha ini. Tips yang kami sajikan ini sifatnya begitu aplikatif. Sehingga Anda bisa langsung mempraktikkannya di usaha anda. Nah, berikut ini tipsnya.

1. Bergabung dengan BPJS (Jasa Marketing Online)

Bergabung dengan BPJS adalah salah satu aspek penting yang digunakan oleh apotek apotek sebagai cara menaikkan omset apotek yang stabil dan cepat. Saat ini BPJS tidak hanya menyediakan kerja sama dengan Rumah Sakit saja melainkan juga dengan farmasi, dan apotek juga bisa turut serta bisa memberikan pelayanan pengambilan obat jaminan kesehatan. Untuk mendaftarkan apotek BPJS, silahkan pergi ke kantor BPJS untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

2. Kerjasama dengan Klinik dan Dokter

Bila anda telah memiliki ijin layanan kesehatan BPJS hal ini sangat lebih menguntungkan dan lebih dipercaya oleh klinik klinik hingga dokter spesialis. Namun bila tidak tergabung dalam layanan BPJS, anda juga bisa berkesempatan untuk menawarkan ke dokter dokter dengan memberikan persenan ataupun sesuatu yang bisa menarik antar kerjasama dua belah pihak.

3. Sedia Obat yang Lengkap

Poin ini sangat penting sebagai salah satu cara menaikkan omset apotek anda. Sebab hal ini berguna untuk meminimalisir calon pembeli yang kecewa dan tidak datang untuk kedua kalinya. Semakin lengkap obat yang anda sediakan maka secara otomatis konsumen akan lebih mempertimbangkan apotek anda walaupun mungkin letaknya agak jauh.

4. Jualan di Marketplace

Berjualan secara daring juga dapat menjadi cara menaikkan omset apotek. Kebutuhan obat, dan perluasan informasi ke berbagai pihak, seperti daerah di luar pulau Jawa mungkin belum memiliki apotek yang mudah ditemukan. Hal seperti inilah yang bisa dijadikan sebagai target penjualan.

Dari beberapa riset, pangsa luar pulau terpencil lebih sulit mendapatkan obat kecuali harus pergi ke puskesmas yang letaknya sangat jauh, dan belum tentu puskesmas tersebut memiliki obat yang dibutuhkan pasiennya. Untuk menargetkan calon pembeli tersebut, anda bisa mendagangkan obat obatan anda di market place dan dikirim melalui jasa ekspedisi.

5. Luaskan Pemasaran Anda di Search Engine Google dan Membangun Brand Apotek (Jasa Konsultan Marketing)

Search engine Google adalah salah satu yang memudahkan calon pembeli menemukan apotek anda di dunia online. Banyak sekali oknum apotek yang memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan calon pembeli berkali kali lipat. Berikut ini adalah salah satu contoh apotek online yang muncul di halaman pertama Google Search Engine

6. Berikan Pelayanan Terbaik (Jasa Pemasaran Internasional)

Jangan pernah melihat dari seberapa banyak atau besar jumlah barang yang akan dibeli konsumen. Anda harus bersikap profesional. Hal ini penting untuk 'mengambil hati' konsumen Anda. Jika konsumen anda puas dengan pelayanan apotek anda, maka konsumen akan otomatis memberikan rekomendasi kepada keluarga dan teman-teman mereka untuk membeli obat di apotek anda.

7. Kontrol Siklus Penjualan Pada Bisnis Apotek Anda (Jasa Internet Marketing Surabaya)

Mengontrol siklus penjualan Anda bisa dilakukan dengan evaluasi penjualan. Hal ini wajib anda lakukan untuk mengetahui produk-produk apa saja yang laku, kurang laku, maupun tidak laku di apotek anda. Evaluasi ini dapat dilakukan setiap 3 bulan. Data tersebut anda kumpulkan untuk kemudian anda analisa produk-produk apa saja yang masih dapat anda sediakan nantinya.

8. Perhatikan Ketersediaan Obat-Obatan (Jasa Digital Marketing Surabaya)

Apabila bisnis apotek Anda terbilang baru maka stoklah produk-produk yang sudah pasti laku di pasaran dan juga produk-produk obat wajib apotek menurut Departemen Kesehatan. Daftar tersebut dapat dilihat di Dinkes setempat. Stok produk juga jangan terlalu berlebihan. Sediakan produk untuk persediaan satu bulan pertama.

9. Jalin Kerja Sama dengan Klinik Maupun Dokter (Jasa Marketing Online)

Hubungan kerja sama ini ditujukan untuk dapat meningkatkan ataupun cara menaikkan omset penjualan pada bisnis apotek anda dan juga membantu anda dalam penyediaan produk yang sebelumnya belum tersedia di apotik anda.

Di samping itu, Anda juga bisa mengetahui obat-obat apa saja yang biasa diresepkan oleh klinik maupun praktik dokter dan dapat menjadi pertimbangan anda dalam hal penyediaan produk tersebut. Mengenai kerja sama tersebut dapat anda lakukan menurut cara anda sendiri.

10. Pengelolaan Laba Usaha (Konsultan Pemasaran Surabaya)

Sebaiknya laba usaha yang Anda peroleh dapat Anda simpan sebagian salah satu modal pengembangan selanjutnya untuk membuat cabang-cabang bisnis apotek Anda nantinya.

Sisihkan laba bersih apotik (kira-kira 50%) untuk pengembangan usaha atau pembukaan cabang baru di daerah lain. Dengan membuka cabang baru, penyebaran (distribusi) produk akan semakin luas. Fokus pada pengembangan cabang bisa jadi cara menaikkan omset apotek anda.

11. Jalin Kerja Sama dengan para Detailer Obat yang Datang ke Apotek Anda (Jasa Marketing Surabaya)

Sebaiknya dapatkan informasi terbaru lebih dulu sebelum detailer obat datang ke tempat Anda. Jangan terburu-buru membeli produk dari mereka, karena biasanya pada waktu-waktu tertentu mereka akan menawarkan produk lebih murah untuk mengejar target penjualan mereka kepada bisnis apotek anda.

12. Jalin Kerja Sama dengan Apotek-Apotek Lain (Konsultan Marketing Surabaya)

Beberapa apotek besar menjual produk ke sesama apotek dengan harga yang lebih murah daripada apa yang ditawarkan dari distributor kepada anda. Bangunlah kerja sama yang baik dengan mereka. Karena selain Anda dapat berbelanja ke sana dengan harga murah, juga dapat berbelanja berdasarkan stok yang dibutuhkan oleh apotek Anda.

Itulah beberapa tips dan cara menaikkan omset apotek. Semoga dengan informasi di atas bisa membantu bisnis apotek anda semakin berkembang. Kuncinya adalah terapkan panduan di atas dengan sabar dan tekun.

Cara Menaikkan Omset Apotek yang Aplikatif by Konsultan Marketing Surabaya