Konsultan Marketing Aceh Barat, Konsultan Pemasaran Aceh Barat, Konsultan Marketing Meulaboh, Konsul

  • Berat: 0,00 Kg
  • Availability: In Stock

Konsultan Marketing Aceh Barat, Konsultan Pemasaran Aceh Barat, Konsultan Marketing Meulaboh, Konsultan Pemasaran Meulaboh

Kali ini kami akan membagikan 3 strategi pemasaran makanan khas daerah yang bisa bikin bisnis masakanmu mendunia!

Rasanya tak ada orang Indonesia yang tak mengenal masakan khas Sumatera Barat, yaitu rendang. Bahkan rendang pernah dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Nah, 3 strategi pemasaran makanan khas daerah ini sangat tepat bagi Anda yang sedang berbisnis kuliner khas daerah Anda!

Tak hanya rendang, makanan khas daerah lainnya yang bisa menembus pasar internasional antara lain martabak dan nasi goreng. Oleh karena itu, agar bisnis Anda semakin membesar dan menyebar ke seluruh Indonesia dan bahkan mendunia, simak 3 strategi pemasaran makanan khas daerah yang kami bagikan kali ini.

1. Jaga selalu kualitas

Makanan adalah sesuatu yang tak hanya dirasakan oleh indra pengecap atau lidah konsumen, namun juga terkait dengan indra lainnya. Aroma sedap masakan daerah akan dihirup oleh indra penciuman (hidung), dan penampakan makanan yang memancing rasa lapar akan timbul lewat indra penglihatan alias mata konsumen.

Oleh sebab itu, menjaga kualitas di setiap unsur tersebut adalah wajib hukumnya sebagai langkah pertama dari 3 strategi pemasaran makanan khas daerah.

Jangan sekali-kali tergoda untuk mengurangi kualitas demi mendapatkan profit yang lebih tinggi, karena itu hanya akan membikin bisnis Anda berlangsung seumur jagung saja. Kembangkan terus cita rasa makanan Anda dengan terus berkreasi dengan resep dan bahan yang baru. Semakin makanan yang Anda bikin melekat di lidah konsumen, semakin cepat pula Anda akan meraih popularitas dan keuntungan pun akan meningkat dengan sendirinya.

2. Promosikan Produk Anda ke Lidah Mancanegara

Makanan khas daerah memiliki keunggulan dibandingkan makanan yang bukan asli Indonesia seperti hamburger atau spaghetti. Makanan khas daerah juga memiliki cita rasa unik yang membedakan dengan makanan yang lain. Hal inilah yang harus Anda 'highlight' dengan sebaik-baiknya.

Setelah Anda sukses dengan menjaga kualitas produk Anda, langkah berikutnya dari 3 strategi pemasaran makanan khas daerah adalah dengan membawa makanan khas daerah Anda ke level ysng berikutnya.

Misal, produk Anda adalah Soto Ayam Lamongan. Jangan hanya puas bila soto ayam Anda dapat terkenal di kota Anda, namun teruskan hingga produk Anda dapat terkenal secara nasional, lalu merambah internasional.

Salah satu penerapan strategi kedua untuk memasarkan makanan khas daerah, adalah dengan membuka bisnis waralaba, dengan itu Anda dapat bekerja sama dengan pihak lain dalam mengembangkan bisnis Anda. Contoh nyata adalah masakan Jepang seperti Sushi ataupun Ramen, yang sudah menyebar secara internasional.

Dengan perencanaan yang matang, tak tertutup kemungkinan Soto Ayam Lamongan Anda pun dapat terkenal seperti rendang, sushi maupun ramen.

3. Manajemen yang Terstandar

Sebagai penutup dari 3 strategi pemasaran makanan khas daerah ini, adalah menetapkan manajemen yang terstandar. Maksudnya disini adalah suatu proses yang dapat selalu dimengerti, diulang, dilaksanakan dan diduplikasi di seluruh cabang bisnis Anda.

Misalkan di sektor manajemen produksi. Standarisasi dalam produksi adalah untuk memastikan bahwa rasa makanan khas daerah Anda akan selalu mempunyai kualitas yang serupa, siapapun yang memasaknya. Tak hanya manajemen produksi, manajemen pelayanan, manajemen keuangan dan sektor-sektor lainnya, semua dapat distandarkan.

Bila Anda serius dalam memajukan bisnis makanan khas daerah Anda ke level berikutnya, segera hubungi kami untuk membantu Anda menerapkan 3 strategi pemasaran makanan khas daerah yang telah kami tulis di atas. Akan menjadi hal yang membanggakan bila Anda dikenal sebagai sosok yang mampu mengangkat makanan khas daerah Anda hingga dikenal di dunia kuliner internasional.

Tips lain:

  1. Kerjasama dengan endorser, seperti: Youtuber, Instagrammer, Blogger
  2. Menempatkan menu masakan khas daerah pada setiap kamar hotel di wilayah Anda. Bekerja sama dengan hotel-hotel
  3. Iklankan di situs-situs nasional ataupun internasional
  4. Kerjasama promosi pariwisata antar wilayah
  5. SEO kan
  6. SMO kan
  7. dan lain sebagainya bisa Anda konsultasikan dengan kami

Konsultan Marketing Aceh Barat, Konsultan Pemasaran Aceh Barat, Konsultan Marketing Meulaboh, Konsultan Pemasaran Meulaboh