Menaikkan Omset Penjualan

Ampuh, Ini 7 Tips Cara Menaikkan Omset Penjualan

Omset adalah nafas pedagang untuk terus membuat roda bisnis berputar. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya omset. Semua pengusaha mengalaminya. Mulai dari skala kecil hingga perusahaan besar. Nah, berikut kami rangkumkan 7 tips inti cara menaikkan omset dagang yang ampuh untuk anda terapkan di usaha anda.

1. Inovasi Produk

Apapun produk atau jasa yang anda jual, usahakan untuk selalu mawas diri dan melirik competitor agar produk dan jasa yang anda jalankan bisa terus berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman yang selalu berkembang dengan pesat.

Inovasi produk akan meredam kebosanan market dan membuat mereka lebih bergairah dengan produk atau jasa kita. Terus bereksplorasi untuk agar bisnis kita bisa terus bertahan dan berkembang.

2. Fokus pada Pasar Potensial

Jika saat memulai bisnis kita menggunakan prinsip “hajar duluan pikir belakangan”, maka dalam perkembangannya Anda harus bisa lebih jeli melihat pasar yang potensial dengan membuat klasifikasi demografi terhadap pasar. Untuk mengetahui lebih dalam apa yang mereka butuhkan dan inginkan.

Serta memetakan target market kita biasa bermain dimana saja (Cara Mencari Pasar Potensial), sosial media apa yang mereka buka? Buku apa yang mereka suka baca? Usia berapa target market kita? Bahkan sampai ke seberapa mampu mereka membayar untuk produk dan jasa kita?

Buat list lebih jelas dan lebih detail agar anda tidak salah menargetkan market anda. Ini juga merupakan salah satu cara menaikkan omset dagang.

3. Memperbanyak Pintu Penjualan

Apapaun bisnis Anda, baik offline atau online, lebarkan sayap untuk memperbanyak pintu penjualan. Jika bisnis anda adalah kuliner offline, anda bisa membuka cabang di tempat yang potensial, juga memanfaatkan dunia online untuk media promosi.

Sebaliknya, jika Anda biasa bermain di bisnis online, maka manfaatkan semua sosial media, marketplace, dan mesin pencari yang potensial agar produk atau jasa anda eksis dimana-mana. Semakin banyak anda menyebar jaring, semakin banyak ikan yang anda dapatkan.

Salah satu cara membuka pintu penjualan yang besar adalah dengan (cara) mengumpulkan reseller sebagai team penjualan kita. Karena dengan adanya reseller, akan memudahkan kita mencapai faktor kali yang berlipat ganda.

4. Promosi yang Matang

Anda harus jeli mengetahui kapan market anda memiliki uang, kapan hari hari yang tepat untuk berpromosi dan apa saja yang dibutuhkan saat berpromosi. Dengan mengetahui semuanya, maka promosi anda tidak akan sia-sia dan menghasilkan penjualan yang melejit pada hari anda berpromosi.

5. Membuat Small Circle

Berteman dengan teman yang sevibrasi akan membantu anda sebagai cara meningkatkan omset dagang. Karena 5 penghasilan kawan terdekat anda akan mencerminkan penghasilan anda.

Buatlah group khusus sharing dengan 5 – 7 orang didalamnya. Lakukan pertemuan rutin offline maupun online untuk brainstorming. Anggota group haruslah berpikiran positif dan memiliki visi yang sama dengan Anda, karena dengan begitu, bertukar pikiran akan lebih asyik serta antara satu dan yang lainnya bisa saling mencerahkan atas suatu masalah bisnisnya masing-masing.

6. Pantang Menyerah Disaat Gagal

Disaat semua strategi di atas sudah anda jalankan dengan maksimal namun belum juga dapat tercapai target penjualan dan profit, adalah salah besar jika anda langsung menyerah begitu saja.

Biasanya pengusaha pemula memilih untuk berganti profesi ketika usaha yang baru dijalankan tersebut tidak kunjung menunjukkan hasil. Alangkah lebih baik jika anda mengevaluasi faktor penyebab kegagalan bisnis sebagai tolak ukur langkah selanjutnya.

Jika mau sedikit lebih sabar dan bekerja keras mengubah strategi yang kurang sesuai penerapannya, maka tidak menutup kemungkinanan usaha tersebut akan berhasil.

Itulah sebabnya sangatlah penting bagi seorang pengusaha untuk selalu bangkit dengan mental bisnis lebih kuat pada saat jatuh, hingga akhirnya mampu mencapai keberhasilan yang dicita-citakan. Bila mindset ini sudah tertanam maka anda secara tidak sadar sudah akan lebih gampang dalam menerapkan berbagai cara menaikkan omset dagang.

7. Sanggup menghadapi segala resiko dan tantangan

Tidak ada bisnis kecil atau besar yang tidak memiliki tantangan berupa resiko dan hambatan yang harus dihadapi. Menyikapi hal ini setiap pebisnis dituntut agar selalu siap untuk menghadapinya dan tidak mudah menyerah mencari solusi jika harus mengalami resiko kerugian.

Semoga tips mengenai cara menaikkan omset dagang ini dapat berguna bagi kemajuan bisnis anda di masa depan.

www.KonsultanMarketingSurabaya.com sebagai Konsultan Marketing Surabaya, Konsultan Pemasaran Surabaya